Apakah itu Gerakan Berea ?

Christian World Mission Center 2010
Pusat gerakan Berea seluruh dunia di Seoul, Korea Selatan.

Teladan Orang Berea, Konsep dan Cita-Cita Gerakan Berea

I. Teladan Orang Berea (Kisah 17:11-12)

a. Rendah Hati
Orang Berea adalah orang Yahudi yang tinggal di Berea. Berea adalah kota di Yunani dengan penduduk kurang lebih 20.000 orang. Orang Berea lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika. Orang Berea mempunyai sikap hati yang seimbang, menerima firman yang dibawa oleh Paulus dan Silas. Mereka tidak menolak dulu tetapi mendengar dengan hati yang seimbang. Tidak keras kepala dan mengabaikan orang lain. Firman Tuhan mengajak kita harus menghormati orang lain dan menganggap orang lain penting.
b. Membaca Alkitab Setiap Hari
Seperti firman Tuhan katakan: “Setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian”.
c. Mendapatkan Iman dari Alkitab
Orang Berea adalah yang benar-benar menghormati Alkitab. Menerima Alkitab apa adanya, langsung menerima apa yang tertulis dalam Alkitab. Sehingga disebut “People of The Bible”. Mendapatkan iman dari Alkitab.

II. Konsep Gerakan Berea
a. Gerakan Gereja Perjanjian Baru (Kisah 2:1-4)
Bukan Gereja Katolik, Gereja Agama atau Gereja Konstitusi. Tetapi Gereja yang dilahirkan dan dibangun oleh Roh Kudus, dan dipimpin oleh Roh Kudus yang tidak dikuasai atau dikalahkan oleh alam maut.
b. Gerakan Menyerupai Alkitab (Yohanes 5:39)
Alkitab adalah buku mengenai Yesus Kristus. Kita harus menyerupai Alkitab, menyerupai Yesus. Melakukan apa yang diperintahkan Yesus.
c. Gerakan Kepemimpinan Orang Awam (Efesus 4:12-13)
Orang awam harus membangun Tubuh Kristus. Orang awam dilengkapi dengan firman Tuhan dan tanda-tanda heran karena merekalah yang membangun Gereja. Tidak memusatkan pada pemimpin saja seperti pendeta, tetapi seluruh jemaat ikut berperan aktif dalam pelayanan Gereja, membawakan firman Tuhan, mendoakan orang sakit, dan mengusir setan-setan/roh-roh najis. Alkitab diberikan Tuhan untuk mereka yang mau mengenal Allah.
III. Cita-Cita Gerakan Berea

a. Untuk Menyatakan Gambar Kehendak Allah Sesuai dengan Nilai-Nilai yang Berpusatkan pada Allah (1 Yohanes 2:12-14; Ibrani 1:1-3; 1 Yohanes 1:21)
Menyatakan Gambar Seluruh Kehendak Allah Seutuhnya. Seluruh Kehendak Allah itu dinyatakan dalam Alkitab seperti sebuah gambar yang jelas dan dinamis. Menjelaskan cerita Allah tentang hubungan awal dan akhir secara tersusun. Dengan mengenal “Gambar kehendak Allah Seutuhnya” orang Kristen dapat menjalankan kehidupan iman seperti yang dikehendaki Allah. Dimulai dari ‘Iman Dasar’ tentang keselamatan, meningkat menjadi ‘Iman Pemuda’ yang dapat mengalahkan yang jahat baik bagi dirinya maupun untuk membangun jemaat, sampai kepada ‘Iman Bapa’, yaitu iman yang mengenal Allah dari pada mulanya. Sehingga dapat memuliakan Allah dan mewarisi hidup kekal.
b. Untuk Menyaksikan Universalitas Kuasa Allah (Ibrani 13:18); Matius 12:50; Markus 16:16-20)
Kuasa Allah bersifat universal, menjadi tanda dan milik orang percaya. Pada masa Perjanjian Lama hanya orang yang khusus saja yang memiliki kuasa, pada masa Perjanjian Baru kuasa adalah tanda setiap orang percaya. Setiap orang yang percaya Alkitab dan dituntun Roh Kudus memiliki kuasa.
c. Untuk Membaptis dan Memuridkan (Matius 28:16-20)
Membaptis segala bangsa dengan baptisan selam di dalam Nama Allah, memuridkan dan mengajar orang percaya melakukan apa yang diperintahkan Yesus.

Lihat juga artikel Gerakan Orang-Orang Berea oleh Rev. Dr. Ki Dong Kim